Wednesday 4 June 2014

Semi Loka MGMP Matematika SMP DKI Jakarta (Pindahan)

Sabtu, 16 Februari 2013, MGMP Matematika melanjutkan Program Kerja Kegiatan Semiloka dan Bedah SKL. Kegiatan hari ke-2 ini diselenggarakan di Gedung Indosat, Merdeka Barat, Jakarta. Hari ke-1 sudah dilaksanakan pada hari Jum'at, 15 Februari 2013 di SMP Santo Antonius.
Agenda hari ke-2 adalah Strategi Menghadapi OSN (Drs. HM. Soleh, M. Ed), Bedah SKL II (Suhendro), Pendidikan Karakter (Dr. Kissumi, M. Pd).
Acara dibuka dengan sambutan Ketua pelaksana Bapak Sriyadi, S.Pd kemudian dilanjutkan oleh sambutan Ketua MGMP Matematika SMP DKI Jakarta Bapak Surachman, S.Pd. Kemudian dilanjutkan oleh Wakadis Bidang Kurikulum Bapak Prof. Dr. H. Agus Suradika. Dalam sambutannya memberikan apresiasi yang tinggi pada MGMP Matematika SMP DKI Jakarta. Semoga kegiatan ini terus ditingkatkan
Pada kesempatan ini juga, dengan resmi diterbitkannya Majalah Matriks (Matematika, Rekreasi, Informasi, Komunikasi dan Spiritualisasi)
Acara kemudian dilanjutkan dengan Sambutan dari Pihak Indosat.
Drs. HM. Sholeh, M.Ed meneruskan dengan membawakan Materi Menuju OSN. Sebelum istirahat, Bapak Suhendro menyampaikan bedah SKL 2.
Setelah isoma, Dr. Kissumi, M.Pd menyampaikan materi Pendidikan Karakter. 
Hasil diskusi peserta semiloka hari ke-2 (di Gd Indosat,Sabtu 16-02-13) sesi Pendidikan karakter bangsa dibawah bimbingan nara sumber Dr. Kissumi untuk menjawab pertanyaan "Ingin menjadi figur seperti apakah Bpk/Ibu Guru dan bagaimana mewujudkannya?"begitu banyak dan bervariasi.Dari sekian banyak jawaban para peserta semiloka,dapat dirangkum antara lain sbb: 
Guru menginginkan dirinya menjadi figur :
1. Religius, dengan cara menjadi contoh dalam pelaksanaan ibadah sholat. Menegur, mengajak pesertadidik/teman guru melaksanakan ibadah sholat (wajib/sunnah) jika keadaan memungkinkan.
2. Disiplin, tepat waktu dalam kehadiran dan pelaksanaan pengajaran di kelas.
3. Peduli, Menjadi guru yang smart dan siap melayani kapanpun dibutuhkan, dengan membuka diri, memberikan nomor telpon, alamat sosial media/email dll untuk menjawab pertanyaan anak didiknya.
4. Menjadi Tempat Curhat, siap mendengar setiap permasalahan, akademis/non akademis.
5. Bersih, mencontohkan dan menegur pesertadidik, mengajak menjaga kebersihan. Pelajaran di dalam kelas hanya bisa dimulai jika kondisi kelas bersih.
6. Menarik Dalam Penampilaan, berpakaian rapi, harmonis, serasi dan indah (tidak norak)
7. Motivator, Guru harus mampu mendorong dan meyakinkan diri percaya diri, bahwa percaya diri mampu menjawab soal-soal mapel matematika.
8. Percaya Diri, guru wajib tampil percaya diri untuk meyakinkan/menghipnotis percaya diri, memukau, sehingga mereka fokus terhadap perintah guru. Suara guru harus terdengar jelas diseluruh sudut kelas, tegas, nyaring, keras dan proporsional sesuai luas ruang kelas.
9. Cerdas, agar tampil cerdas, guru wajib menguasai materi ajar, agar siap melayani pertanyaan yang sulit dari para PD.
10. Jujur, jika terpaksa,dalam keadaan tertentu Guru tidak mampu menjawab pertanyaan PD, guru mengatakan dengan jujur, namun tetap berusaha mencari solusi.
11. Bertanggung Jawab, jika guru memberikan tugas/PR, harus diperiksa. Siswa yang lalai melaksanakan tugas, dicatat diberi sanksi dan tugas pengganti... 

Maju terus MGMP Matematika SMP DKI Jakarta ...

Lihat Photo Kegiatan Semiloka :

Photo 1

Photo 2

DOWNLOAD MATERI :
1.  SKL Ujian Nasional 2013
2.  Prediksi Penjabaran Kisi-Kisi Ujian Nasional 2013
3.  Penilaian Kinerja Guru
4.  Buku I, Pedoman PKB
5.  Buku II, Pedoman PKG
6.  Permen No. 35 2010, Jabatan Fungsional Guru
7.  PP No. 74 2008 Tentang Guru
8.  Soal Olimpiade 2012
9.  Mathematical Olimpiad  
10. Matematika Rekreasi    
  

No comments:

Post a Comment

 

Copyright 2008 All Rights Reserved | MGMP Matematika SMP DKI Jakarta Designed by Bloggers Template | CSS done by Link Building